Wednesday, January 19, 2011

Silabus Teknik Mekanik Otomotif

Pengajar Otomotif dari tahun ke tahun mengalami perubahan pembelajaran. Dari perubahan anak didik disertai gejolaknya sampai dampak yang terjadi dengan semakin naiknya standar nilai kelulusan Ujian Nasional. Sehingga wajah pengajar mengalami pasang surutnya keadaan. Belum lagi ditambah dengan kurangnya pendapatan setiap tahunnya, semakin pesat kemajuan sekolah dalam naungan Yayasan justru semakin terasa bahwa nilai finansial dipolitisir. Yang kaya makin kaya yang miskin makin terpuruk, Kaya akan jabatan dan penghasilan, miskin akan pendapatan dan jabatan, apalagi kalau tidak punya relasi. 

Perkembangan kurikulum di SMK jurusan Teknik Otomotif selalu mengalami perubahan. Khususnya nilai yang terkandung pada kompetensi setiap mata pelajaran produktif. Setiap tahun seharusnya selalu ditinjau tingkat kesesuaian mata pelajaran dengan dunia industri dan usaha atau lapangan. Tapi yang ada adalah copy paste dari kurikulum ke kurikulum lainnya. Dari silabus ke silabus lainnya, harusnya disepakati bersama bahwa tingkat pembelajaran yang diterapkan haruslah sama sesuai kemampuan sekolah, naik turun adalah kesepakatan bersama tentang sebuah pembelajaran produktif. Sehingga akan sama persepsi dan kemajuan yang diharapkan bagi semuanya. Di daerah tertentu masih banyak dijumpai kurangnya kesepakatan bersama untuk pembelajaran, apalagi saat menjelang UKK, banyak dari wilayah tertentu yang memanipulasi kemajuan keterampilan anak didik. Tanpa adanya kualitas kontrol dari dunia usaha dan industri membuat nilai sendiri tanpa praktek MOU dengan Du/Di, sangatlah disayangkan bila kita mengharapkan kualitas peserta didik tanpa aturan.

Kami sampaikan Silabus Teknik Mekanik Otomotif spectrum baru, semoga akan sedikit membantu bagi kalangan pengajar di SMK khususnya jurusan Teknik Otomotif. 
Untuk filenya bisa diunduh disini  >   download lengkap

Jika menurut sobat artikel ini bermanfaat, silahkan vote ke Lintas Berita agar artikel ini bisa di baca oleh orang lain.

0 komentar:

Beri Komentar

 
back to top