Wednesday, January 19, 2011

Toyota Kijang dan Perkembangannya

Selama kendaraan produk Jepang mulai muncul di Indonesia, banyak hal yang berubah. Dari gengsi, rasa nyaman sampai hobi. Hal yang serupa juga dirasakan oleh para teknisi baik dari dealer resmi maupun perorangan. Dengan adanya produk Jepang semua merasakan bisa menghidupi keluarga. Memang tidak bisa dipungkiri masyarakat kita telah mendarah daging menggunakan produk ini. Selama sekian puluh tahun berjalan dengan segala aktifitas manusia sebagai penggunanya.

Salah satu produk Jepang yang mendominasi pasaran di Indonesia dalam kurun waktu terakhir bahkan sampai sekarang masih eksis adalah produk Toyota. Produk ini merupakan legendaris kendaraan yang dipakai kalangan menengah ke bawah. Desain yang sederhana, bisa menampung 1 keluarga dan service yang tidak begitu rumit. Sehingga pilihan masyarakat banyak tertuju pada merk ini. Dari pejabat sampai petani, dari pemborong sampai guru, dari pengusaha sampai kuli. Dari tahun ke tahun masih tetap cinta produk ini. Mungkin yang namanya sudah jatuh cinta, apa bisa dikata walaupun tua masih juga digosok hehe..

Perkembangan toyota Kijang di Indonesia mengalami kemajuan, mengikuti kemajuan jaman yang terus berkembang. Mengikuti kemajuan teknologi Otomotif yang semakin merangkak naik. Generasi ke generasi Kijang mengikuti hilang dan masuknya generasi baru di Indonesia. Dilihat dari perkembangannya ada beberapa jenis perkembangan generasi Merk Kijang. Gambar disamping menunjukkan era generasi Kijang pertama dirilis sekitar tahun 1977, saya baru berusia 3 tahun hehe.. Generasi Pick up dijuluki Kijang Buaya diproduksi sampai tahun 1980. Bagi para petani saat itu sudah sangat membantu, dimana hasil bumi dari berbagai daerah cepat terangkut menuju pasar dengan   jasa Buaya ini. Saat itu tidak kalah dengan Mitsubishi Colt yang sedang naik daun. Inilah Kijang generasi pertama yang sudah menemani masyarakat Indonesia kala itu.

Selanjutnya muncul kembali generasi kedua Kijang dengan nuansa yang lebih yang berhubungan dengan perfoma enginenya yaitu cc_nya. Dari 1200 cc menjadi 1300 cc kemudian naik lagi menjadi 1500 cc. Mobil Kijang seri KF20 ini lebih dikenal dengan sebutan Kijang Doyok, mungkin mirip Doyok komedian itu.. hehe. Mobil ini berakhir sampai tahun 1985, namun masih juga ada permintaan dari konsumen. Wes kadung tresno mungkin. Dengan transmisi 4 kecepatan, 1300 cc. Bisa melaju wus..wus.. mencapai puncak gunung.

Perkembangan selanjutnya adalah generasi ke-3, teknologi ini dimunculkan untuk menjawab keinginan komsumen yang haus akan kenyaman keluarga. Kijang ini adalah rujukan mobil penumpang yang siap menemani siapa saja dan kemana saja. Mobil ini dirilis dari tahun 1986 - 1996. Dengan kenaikan dibanding generasi kedua yaitu tipe 5K dengan daya kuda 63 hp, 5 kecepatan transmisi dengan full pressed body. Toyota mengeluarka dua tipe sekaligus yaitu Kijang Super (1986-1992) dan Kijang Grand (1992-1996). Akhir generasi Kijang Super masuk ke perubahan body yaitu dimunculkannya Toyota Original Body yaitu pembuatan body dengan press dan menggunakan las titik. Generasi mobil penumpang yang lagi diminati dijamannya. Dan membawa nama dan gengsi bagi pemiliknya.


Untuk jenis Grand ditambahkan blower untuk menggerak power steering sebagai penguat tenaga kemudi supaya ringan digerakkan. Sampai sekarang masih sangat banyak dijumpai Kijang jenis Super maupun Grand di masyarakat. Engine dan body masih bagus-bagus, apalagi konsumen yang mempunyai hobi setiap hari dipoles dan ditambahi aksesoris sebagai pelengkap. Di dunia pembelajaran di sekolah juga diterapkan teknologi Kijang seri 5K untuk pembelajaran siswa jurusan Teknik Otomotif supaya kelimuannya bisa mampu bersaing di pasaran kelak.

Selanjutnya adalah dirilis generasi yang keempat, yaitu generasi Kijang Kapsul dengan perubahan interior dan eksterior yang lebih aerodinamis. Generasi ini merupakan generasi yang penuh dengan pemenuhan teknologi yang sesungguhnya. Inilah wujud mobil masa depan yang akan berkembang terus. Dengan seri 7K pada 1800 cc berharap bisa menjawab persaingan keras dunia Otomotif. Dikembangkan lagi dengan Kijang RZF 81 bermesin 1800 cc dengan teknologi EFI (Electronic Fuel Injection) sayangnya boros dan kurang dilirik konsumen.


Toyota Kijang Innova 2010
Akhirnya tibalah generasi terakhir Kijang yang berjuluk Kijang Innova yang merupakan generasi ke-5 dalam sejarah perkembangan mobil Kijang di Indonesia. Bentuk Kijang ini jauh lebih modern, desain depan dan belakang yang sudah mengalami kemajuan yang pesat. Dengan bentuknya yang menawan Kijang ini mampu merajai dunia Otomotif saat mulai dirilis dari tahun 2004 sampai sekarang. Mobil model keluarga masa kini dikeluarkan akhir 2004 dengan engine teknologi VVT-i 2000 type 1TR-FE 16 katup DOHC menggantikan tipe K/RZ pada generasi sebelumnya. Dirancang dengan sistem DIS (Direct Ignition System) dan Throttle Control System-intelegent atau penerapan teknologi pedal gas tanpa kabel.  Posisi mesin membujur dengan  penggerak roda belakang (front engine rear drive). Akhirnya teknologi mobil rumahan dimunculkan menjawab keinginan kenyamanan berkendara di Indonesia. Akankah lagi lahir generasi kedepannya lagi. Kita akan saksikan bersama teknologi Toyota Astra Motor mendobrak dunia Otomotif. 


Selamat datang mobil masa depan. Semoga saya bisa membelinya hahaha.. Merdeka!!






ghostnaruto@gmail.com













Jika menurut sobat artikel ini bermanfaat, silahkan vote ke Lintas Berita agar artikel ini bisa di baca oleh orang lain.

0 komentar:

Beri Komentar

 
back to top