Tuesday, January 18, 2011

Silabus Teknik Sepeda Motor

Semakin pesatnya dunia otomotif, semakin pesat pula rujukan terhadap tenaga-tenaga tingkat menengah yang siap pakai. Pada dunia usaha dan industri sudah saling ketergantungan persaingan yang luar biasa. Banyak hal yang membangun dirasakan selama kurun waktu dekade terakhir ini di dunia otomotif. Padahal lambat laun semakin kita rasakan bahwa bahan bakar untuk kebutuhan itu semua sangat menipis. Pada perkembangan di dunia pendidikan juga dirasakan, betapa animo masyarakat terhadap dunia otomotif sangat nyata. Bisa disaksikan hampir setiap daerah banyak dijumpai orang tua menyekolahkan anak mereka di SMK, khususnya jurusan Teknik Otomotif. Dari perjalanan jurusan ini dari sekitar tahun 90-an terus pesat, sehingga menenggelamkan jurusan lainnya di SMK. Apalagi terasa sekali setelah masa krisis melanda Indonesia. Ditambah lagi dengan gencarnya pers menyuguhkan tayangan-tayangan menarik seputar otomotif ataupun surat kabar yang selalu menyuguhkan teknologi ini disamping 'dunia sepakbola' tentunya.

Jurusan Teknik Otomotif terus berkembang sampai sekarang. Pada awal 2010, bermunculan sempalan jurusan baru, yang sebelumnya merupakan Mulok (muatan lokal) pada mata pelajarannya. Akhirnya muncullah jurusan baru yaitu Teknik Sepeda Motor, yang menampilkan pembelajaran khusus tentang seputar dunia sepeda motor. Yang nantinya akan dilahirkan tenaga menengah siap pakai TSM. Ada beberapa sekolah yang sudah menerapkan MOU dengan dealer resmi, dengan menyuguhkan sekolah khusus bimbingan dealer terkait. Contoh yang sudah diamati adalah dengan dealer resmi Yamaha.

Semoga akan tetap eksis jurusan Teknik Sepeda Motor kedepannya..

Untuk sedikit membantu pengajar TSM, kami sampaikan Silabus Teknik Sepeda Motor. Silahkan bisa download di disini. Salam bagi rekan semua. Terima kasih.

ghostnaruto@gmail.com



Jika menurut sobat artikel ini bermanfaat, silahkan vote ke Lintas Berita agar artikel ini bisa di baca oleh orang lain.

0 komentar:

Beri Komentar

 
back to top