Saturday, June 25, 2011

Overhaul Engine {2 of 2}

Pada kesempatan lalu sudah di lihat gambaran engine dan kelengkapannya. Banyak atau sedikit pemahaman yang kita peroleh akan memberi masukan untuk pengamatan terhadap kendaraan itu sendiri. Sudah peduli atau belum terhadap pengganti kaki kita dalam beraktivitas dan tergantung kemauan pribadi masing-masing menanggapinya. Suka bermogok ria atau suka minum kopi di pinggir jalan sambil melihat kepulan asap pada mobil anda, semua terserah anda tentunya. Sungguh nikmat apabila kita mengendarai kendaraan tanpa terjadi problem yang berarti karena performa kendaraan yang selalu prima, disebabkan kepedulian terhadap pemeliharaan dan servive yang terjaga dengan baik. Mau dipacu kencang boleh, ataupun mau santai tidak masalah. Mau mengejar waktu dengan sangat mudahnya.

Di sini dapat di paparkan tentang overhaul yang sesungguhnya, setelah terlebih dahulu pada kesempatan lalu sudah dipahami tentang engine dan kelengkapannya. Engine pada kendaraan/mobil adalah sebuah tenaga penggerak yang ditempatkan dalam bodi/chasis sesuai mekanisme penggerak yang dikeluarkan. Ada mobil dengan mesin depan penggerak belakang (FR=Front Engine Rear Drive) yang pada umumnya berjalan di jalan raya. Ada pula jenis FF, RR dan 4WD, baik pemakaian di jalan umum ataupun untuk off road/balapan. Nah yang di maksud dengan overhaul di sini adalah sebuah pemeriksaan secara total engine yang terpisah dari mekanisme chasis dan sistem pemindah tenaga (powertrains), yaitu engine sebagai penggerak tenaga/putaran dilepas dalam kondisi terpisah dari mekanisme penerus tenaganya.

Prosedur pelaksanaan overhaul pada engine/mesin :
1. Persiapan alat dan kendaraan
2. Pelepasan mesin pada kendaraan dan pembongkaran komponen
3. Pemeriksaan dan penggantian komponen, meliputi :
    a. Pemeriksaan kepala silinder
    b. Pemeriksaan mekanisme komponen kepala silinder, yaitu :
        - penggerak katup dan komponen-komponennya
        - katup
        - pemeliharaan dan perbaikan dudukan katup
    c. Pemeriksaan silinder
        - piston dan komponennya
        - conecting rod dan komponennya
        - crankshaft dan komponennya
        - camshaft dan komponennya
   d. Pemeriksaan bak engkol
       - bak engkol dan komponennya
       - filter oli dan komponennya
   e. Pemeriksaan/penggantian perapat/perpak
4. Perakitan kembali mesin dan pemasangan kembali pada kendaraan
5. Finishing

Hal tersebut di atas adalah upaya pemulihan kembali performa dari engine setelah mengalami penat dan lelah dalam aktivitas menggerakkan mekanisme penggerak, bodi dan penumpang yang telah melalui perjalanan selama puluhan ribu kilometer. Atau kita bisa meninjau ulang bagaimana seharusnya waktu yang harus dipenuhi sesuai SOP yang ada. Atau usia kendaraan dari baru ataupun kendaraan second yang baru di beli dari seseorang oleh kita. Semua tergantung kesiapan kita dalam melakukan overhaul yaitu dana dan waktunya. Tetapi yang lebih penting lagi adalah ketepatan dalam mengupayakan secepatnya untuk overhaul sesuai kondisi terakhir mesin.

Bisa di amati dalam video prosedur overhaul yang dilakukan oleh teknisi dalam bentuk media pembelajaran anak SMK dengan acuan dasar yang sederhana namun bisa memberi masukan bagaimana langkah overhaul yang sesungguhnya.


sumber terkait
by Crowja Garichu

No comments:

Post a Comment

 
back to top