Wednesday, June 22, 2011

Overhaul Engine {1 of 2}

Bagian yang terpenting dari kepemilikan kendaraan adalah pola asuh kendaraan itu sendiri. Karakter kendaraan tidak akan jauh dari pemiliknya. Bagaimana sebuah kendaraan adalah cerminan dari yang punya. Entah di sadari ataupun tidak di sengaja, karena berbagai faktor kesibukan yang padat, kurang ada waktu luang, cuek dan lainnya yang membuat setiap dari pemilik kendaraan hanya mengendarai kendaraan tanpa peduli terhadap kondisi kendaraan. Dan tidak menutup kemungkinan pemilik kendaraan yang lebih besar taraf angkutan. Sehingga faktor keselamatan dalam berkendaraan menjadi taruhannya. Ujung dan pangkal dari keadaan ini adalah sebuah keadaan yang membuat pemakai kendaraan di jalan lainnya menjadi terhambat karena faktor yang merugikan misalnya rem blong, lampu mati, polusi dan sebagainya.

Dalam aturan kepemilikan kendaraan terutama bagi kendaraan yang di beli dalam kondisi baru. Setiap pembeli diberikan aturan-aturan dasar dari pemeriksaan, perawatan dan perbaikan kendaraan. Manual book atau petunjuk dari dealer penjual yang sudah baku. Petunjuk tersebut adalah untuk kelangsungan usia dan kondisi supaya kendaraan dalam status selalu prima saat jalan di jalan raya dengan berbagai kondisi.  Untuk setiap kendaraan di kenakan aturan perawatan secara berkala supaya kondisi-kondisi komponen yang sudah melewati batas tertentu selalu di awasi supaya tidak menyebabkan kerusakan yang semakin berkembang meluas. Lebih sederhananya adalah penggantian rutin oli sebagai pelumas mesin yang selalu bergerak. Yang lebih detailnya adalah waktu atau saat yang tepat untuk melakukan perbaikan ringan dan perbaikan berat.

Pemeriksaan, perawatan dan perbaikan adalah faktor penentu usia kendaraan anda supaya performanya tetap terjaga dalam kurun waktu pemakaian. Sehingga apabila pemilik kendaraan ingin mengganti kendaraan dengan yang lainnya purna jualnya tidak akan mengalami kerugian yang fatal.
Harga sebuah mobil baru di dapat 150 jt. Selang satu tahun muncul kembali jenis atau merk yang sama dalam generasi selanjutnya, sehingga daya purna jual akan menurun menjadi 120 jt. Inilah faktor yang tidak bisa ditolak dalam kepemilikan sebuah kendaraan. Namun apabila si pemilik kendaraan mempunyai karakter yang bagus, dia akan berfikir segi keamanan dalam daya purna jual, yaitu dia akan selalu merawat kendaraan dengan baik, tidak asal tancap gas, mengabaikan service berkala dan menggunakan suku cadang yang tidak berkualitas. Dia akan memperlakukan kendaraannya dengan baik, supaya bisa meningkatkan kendaraan baru yang di sukai lebih efisien dalam kenaikan harganya.
Pada artikel yang lalu sudah diterangkan tentang perawatan berkala (tune up) dengan lengkap. Tune up yang baik adalah ketepatan dan keseriusan pemilik kendaraan terhadap kondisi fisik kendaraan yang di pakai. Sebaik apakah tune up?, sebaik dan seberapa kenalkah anda kendaraan sendiri di banding dengan tukang servicenya. Apabila pemakaian terlalu terforsir sudah selayaknya kapan kendaraan akan masuk bengkel. Apabila pemakaian sedang dan tidak payah kapan pula si pemilik akan membawa tunggangannya masuk bengkel. Itulah delay yang tepat dalam aturan perawatan sebuah kendaraan. Nah, pada kurun waktu yang telah ditentukan hendaknya sebuah kendaraan akan mengalami titik kritis engine dan komponen. Dalam kondisi ini, kendaraan memerlukan sebuah koreksi/pemeriksaan yang cukup detail yang disebut overhaul. Apakah kondisi ini yang ditunggu untuk sebuah mobil baru usia 5 tahun? Andalah yang tahu jawabannya.

Sering dijumpai di jalan raya bahwa kendaraan akan mengalami loyo alias kurang tajam dalam tarikan karena faktor berubahnya kemampuan komponen-komponen yang bergerak karena faktor pemakaian. Saat ini adalah kondisi yang tepat dilakukan pemeriksaan total terutama pada bagian sumber energi pembakaran yaitu ruang bakar dan kelengkapannya. Overhaul adalah solusi yang tepat untuk mengembalikan performa kendaraan. Bawalah kendaraan anda pada tukang service baik dealer resmi maupun bengkel yang sudah anda percayai. Solusikan atau komplainkan kondisi terakhir kendaraan anda dengan tepat. 

Pemahaman tentang engine dan kelengkapannya dapat di lihat pada file disini, tentang bentuk 3 dimensi engine dan detail penerapan/pemasangan komponen-komponennya dapat di amati dalam video dibawah ini :


sumber terkait
by Crowja Garichu

No comments:

Post a Comment

 
back to top